Mengenai wearable device dimana sistem maupun teknologi canggih yang dibuat lebih difungsikan untuk kebutuhan kita sehari-hari. Teknologi tersebut dapat dipakai atau melekat di tubuh si pengguna. Identik dengan ukuran yang kecil namun memiliki segudang manfaat.

 

Berikut beberapa contoh wearable device yang saya ketahui :

  1. Smart Watch
    Istilah Smartwatch secara umum berarti sebuah jam tangan yang dapat terhubung ke internet dan juga perangkat elektronik yang lain (smartphone atau tablet) untuk mendapatkan informasi yang akurat dari perangkat tersebut. Smartwatch dapat menjalankan fungsi dasar layaknya smartphone.

    Contohnya adalah seperti Apple Watch


  2. Action Camera
    Kamera aksi atau action-cam adalah kamera digital yang dirancang untuk merekam aksi atau kegiatan di luar ruangan, olahraga, dan kegiatan yang bersifat ekstrem lainnya. Kamera ini mampu merekam foto atau video kegiatan ektrem yang tidak bisa dilakukan oleh kamera biasa. Untuk penggunaannya biasanya di tempel di bagian tubuh atua perangkat lainnya yang menempel di tubuh seperti helm contohnya.

    Contohnya adalah seperti GoPro Hero series


  3. In-Ear Monitor / True Wireless Stereo
    In-Ear Monitor (IEM) adalah perangkat yang digunakan oleh musisi, teknisi audio, dan audiophile untuk mendengarkan musik atau untuk mendengarkan campuran vokal dan instrumentasi panggung untuk pertunjukan langsung atau mixing studio rekaman. IEM juga digunakan oleh presenter televisi untuk menerima instruksi vokal, info, dan pengumuman berita dari produser yang hanya presenter dengar. Mereka sering kali dipasang khusus untuk telinga individu (CIEM, Custom IEM yang diperuntungkan untuk seorang individu saja penggunaannya) untuk memberikan kenyamanan dan pengurangan kebisingan tingkat tinggi dari lingkungan sekitar.

    Sedangkan TWS (True Wireless Stereo) merupakan versi wireless dari IEM.

    Berikut contoh dari IEM :

No comments:

Post a Comment