Saat ini peserta didik terbiasa menggunakan internet. Penggunaan Internet untuk belajar bukan hanya untuk media sosial dan game online sebagai media pembelajaran namun dapat yang dapat mendukung pembelajaran. Penggunaan pembelajaran online sebagai media pembelajaran sistem baru, mendorong pelaksanaan pembelajaran lebih efektif. Dengan media pembelajaran online dimungkinkan banyak pelajaran sehingga dapat memberikan layanan yang lebih memuaskan kepada siswa. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran online adalah media yang App Inventor. 

Sistem berbasis web dimana aplikasi Android dapat digunakan tanpa perlu tahu bagaimana cara meng-code-nya. Sistem ini telah dihentikan oleh google tapi dirilis kembali oleh google sebagai proyek open-source dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dengan app inventor, pengguna bisa melakukan pemrograman komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak dengan sistem operasi berbasi android. App inventor ini berbasis visual block programming karena memungkinkan pengguna bisa menggunakan, melihat, menyusun dan men-drag and drops block yang merupakan simbol perintah dan fungsi event handler  untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bisa berjalan di sistem android.

 

Untuk pembuatan program pembelajaran daringnya sangat mudah menggunakan App Inventor, dengan cukup mengetahui dasar dari ilmu pemprograman, App inventor membantu kita dengan mempermudah pembuatan dengan drag-and-drop. 

Seperti ini contohnya

 


Sisanya, cukup diatur-atur kembali untuk meng-hyperlink ke tautan pembelajaran online lainnya seperti gmeet misalnya.

No comments:

Post a Comment