- Jelaskan sejarah perkembangan ekonomi Digital
Kemunculan teknologi digital dan internet menandai dimulainya Revolusi Industri 3.0. Proses revolusi industri ini jika dikaji dari sudut pandang seorang sosiolog Inggris yang bernama David Harvey, merupakan sebuah proses pemampatan ruang dan waktu. Ruang dan waktu semakin terkompresi dan semakin memuncak pada revolusi tahap 3.0, yakni revolusi digital. Waktu dan ruang tidak lagi berjarak. Pada tahap revolusi industri sebelumnya, yaitu revolusi kedua (Revolusi 2.0), dengan hadirnya teknologi mesin yang dapat menciptakan sebuah mobil (kendaraan), membuat waktu dan jarak makin dekat. Revolusi 3.0 menyatukan keduanya. Sebab itu, era digital sekarang mengusung sisi kekinian (real time). Selain mengusung kekinian, revolusi industri 3.0 mengubah pola relasi dan komunikasi masyarakat kontemporer. Praktik bisnis pun mau tidak mau harus berubah agar tidak tertelan zaman. Perkembangan Ekonomi Digital di IndonesiaNamun, revolusi industri ketiga juga memiliki sisi yang layak diwaspadai. Teknologi membuat pabrik-pabrik dan mesin industri lebih memilih mesin ketimbang manusia. Apalagi mesin canggih memiliki kemampuan berproduksi lebih berlipat. Konsekuensinya, pengurangan tenaga kerja manusia tidak terelakkan. Selain itu, reproduksi pun mempunyai kekuatan luar biasa. Hanya dalam hitungan jam, banyak produk dihasilkan. Jauh sekali bila dilakukan oleh tenaga manusia.
Lalu pada revolusi industri generasi 4.0, manusia telah menemukan pola baru ketika disruptif teknologi (disruptive technology) hadir begitu cepat dan mengancam keberadaan perusahaan-perusahaan incumbent. Era ini yang ditandai dengan hadirnya Internet of Things, Big Data, Articial Intelligence, Human Machine Interface, Robotic and Sensor Technology, 3D Printing Technology. Sejarah telah mencatat bahwa revolusi industri telah banyak menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa.
Lebih dari itu, pada era industri generasi 4.0 ini, ukuran besar perusahaan tidak menjadi jaminan, namun kelincahan perusahaan menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat. Hal ini ditunjukkan oleh Uber yang mengancam pemain-pemain besar pada industri transportasi di seluruh dunia atau Airbnb yang mengancam pemain-pemain utama di industri jasa pariwisata. Ini membuktikan bahwa yang cepat dapat memangsa yang lambat dan bukan yang besar memangsa yang kecil.
- Apa yang anda ketahui tentang ekonomi Digital serta berikan
contoh
Menurut Encarta Dictionary, ekonomi digital memiliki pengertian “transaksi bisnis yang ada di internet.” Ekonomi digital juga berarti, penggunaan teknologi informasi secara luas meliputi pemanfaatan software, hardware, aplikasi, serta telekomunikasi pada setiap aspek perekonomian.1. Mudahnya aktivitas jual beli barang dan jasa
Inovasi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi digital membuat masyarakat memiliki banyak platform untuk melakukan aktivitas jual beli. Bagi penjual, keberadaan platform tersebut memudahkan mereka mencari konsumen. Sedangkan bagi pembeli, kemudahan tersebut bisa dirasakan saat ingin mecarai barang yang jarang ditemukan di toko konvensional.
2. Pengembangan ukm di Indonesia
Keberadaan ekonomi digital dipercaya dapat menjembatani kebutuhan masyarakat dan menggerakkan berbagai sektor usaha, salah satunya adalah ukm. Jika pada pasar konvensional ukm sulit mendapatkan kesempatan untuk berkembang. Melalui ekonomi digital, mereka dapat berinteraksi langsung dengan konsumen melalui e-commerce yang saat ini sedang menjamur.
Segala bentuk inovasi pada dasarnya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi. Begitu pula dengan keberadaan digital economy. Adanya inovasi dalam bidang ekonomi ini diharapkan menjadi solusi yang tepat untuk memakmurkan dan meningkatkan potensi anak bangsa.
- Jelaskan dan berikan contoh perbedaan antara toko online dan
market place
Marketplace
Marketplace adalah suatu aplikasi atau situs website yang memberi fasilitas jual beli online dari berbagai sumber. Pemilik aplikasi atau situs website tidak memiliki produk melainkan menjualkan produk orang lain kepada pengguna kemudian memfasilitasinya.
Dengan kata lain Marketplace adalah model bisnis dimana situs web tidah hanya membantu untuk mempromosikan produk tapi juga menjembatani transaksi online antara penjual dan pembeli.
Online Shop
Online shop atau yang sering disebut dengan toko online yaitu sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui Telephone maupun Whatsapp.
Biasanya toko online shop akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop tersebut. Ada juga beberapa online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga suatu produknya.
No comments:
Post a Comment