1 sebutkan Dan Jelaskan Serta Beri Contoh Bagaimana Cara Mengidentifikasi Layanan Sistem Informasi

Manajemen Layanan teknologi Informasi sebetulnya mempunyai dua hal pokok, yaitu manajemen layanan IT itu sendiri dan Manajemen Infrastruktur IT. Manajemen layanan IT atau IT service manajement mengkhususkan pada layanan IT dimana pelanggan langsung bertemu dengan penggunaan IT di perusahaan, sedang untuk Manajemen Infrastruktur lebih banyak pada pengelolaan, operasional, maintenance dari peralatan IT.

1. Executive Support System (ESS)

Sistem di atas akan membantu manajer untuk bisa berinteraksi dengan lingkungan perusahaan. Yakni dengan memakai bantuan dari grafik serta pendukung dari komunikasi yang lain.

2. Group Decision Support System (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work System (CSCWS)

GDSS berfungsi untuk mencari solusi atas permasalahan untuk pengumpulan pengetahuan  pada kelompok dan bukan individual. GDSS biasanya memiliki bentuk kuesioner, konsultasi, serta skenario. Contoh dari GDSS adalah e-government.

3. Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (AI)

Sistem informasi ini memakai kecerdasan buatan dalam menganalisis pemecahan masalah menggunakan pengetahuan tenaga ahli yang sudah diprogram kedalamnya. Contoh dari ES dan AI adalah sistem jadwal mekanik.

4. Decision Support System (DSS)

Selanjutnya, ada sistem informasi yang membantu manajer untuk mengambil keputusan dengan mengamati lingkungan dalam perusahaan. Contoh dari DSS adalah link elektronik.

5. Informatic Management System (IMS)

IMS memiliki fungsi untuk mendukung spektrum tugas di dalam organisasi. IMS juga bisa dimanfaatkan dalam menganalisis pembuatan keputusan. Beberapa fungsi informasi dan program komputerisasi bisa disatukan dalam IMS.

6. Office Automation System (OAS)

Contoh sistem informasi selanjutnya adalah OAS atau Office Automation System. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk melancarkan komunikasi diantara departemen di dalam perusahaan. Caranya dengan mengintegrasi server komputer di setiap user perusahaan. Contoh OAS adalah melalui email.

7. Supply Chain Management (SCM)

Pada sistem SCM, manfaat yang diperoleh dari manajemen adalah mengintegrasikan data penting seperti suplai dari pemasok, produsen, hingga pengecer. Bahkan, sampai ke konsumen paling akhir.  Biasanya sistem ini menjadi satu dengan sistem pembukuan perusahaan pada software akuntansi.


2. Sebutkan Dan Jelaskan Serta Berikan Contoh Siklus Hidup Layanan ( Proses, Fungsi Dan Peran)

Siklus hidup layanan adalah pendekatan untuk manajemen layanan TI yang menekankan pentingnya koordinasi dan kontrol di berbagai fungsi, proses, dan sistem yang diperlukan untuk mengelola siklus lengkap layanan TI. Pendekatan siklus hidup manajemen layanan mempertimbangkan strategi, desain, transisi, operasi dan peningkatan berkelanjutan dari layanan TI.

3. Jelaskan Dan Berikan Contoh Tentang Strategi Pelayanan Dalam Hal Portofolio layanan Dan Manajemen Katalog Layanan.

Portofolio layanan berisi informasi tentang layanan di seluruh siklus hidup, memberikan informasi tentang status layanan saat mereka bergerak dari konsep melalui spesifikasi kebutuhan, persetujuan, desain, transisi ke operasi langsung dan pensiun akhirnya. Informasi yang dimiliki pada setiap layanan berkembang dan berubah saat bergerak melalui siklus hidup. Di bagian awal siklus hidup, ada akan sedikit lebih dari deskripsi layanan yang diusulkan dengan rincian proposisi nilai, sponsor bisnis, dan detail dasar lainnya. Saat kami bergerak siklus hidup, persyaratan akan ditentukan dan dimasukkan atau direferensikan. Kasus bisnis akan dimasukkan bersama dengan detail pendanaan, prioritas dan risiko. Penawaran dan paket, biaya dan harga akan ditambahkan setelah dirancang dan setuju.

Pada saat layanan siap untuk pengiriman operasional, konten lengkap portofolio layanan harus mencakup:

 

  • Nama layanan;
  • deskripsi layanan;
  • status pelayanan;
  • klasifikasi dan kekritisan layanan;
  • aplikasi yang digunakan;
  • data dan / atau skema data yang digunakan;
  • proses bisnis yang didukung;
  • pemilik bisnis;
  • pengguna bisnis;
  • pemilik IT;
  • tingkat garansi layanan, referensi SLA dan SLR;
  • layanan pendukung;
  • sumber daya pendukung;
  • layanan dependen;
  • mendukung OLA, kontrak, dan perjanjian;
  • biaya layanan;
  • biaya layanan (jika berlaku);
  • pendapatan layanan (jika berlaku);
  • metrik layanan.

 

Manajemen katalog layanan

Karena portofolio layanan menyertakan katalog layanan, maka perlu ditutup hubungan antara manajemen portofolio layanan dan manajemen katalog layanan. Informasi dalam kedua elemen portofolio layanan harus konsisten.

No comments:

Post a Comment